Sunday, January 30, 2011

The Mechanic

- Hitman With A Golden Heart -
Arthur Bishop (Jason Statham) adalah seorang pembunuh bayaran profesional yang memiliki kode etik kerjanya sendiri. Ia hidup menyendiri dan hanya berteman dekat dengan Harry McKenna (Donald Sutherland) mentornya dulu. Suatu hari, atas tuduhan mengkhianati organisasinya, Arthur ditugasi membunuh Harry dan memalsukannya menjadi sebuah pencurian mobil. Rasa iba dan bersalah membawa Arthur bertemu dengan Steve (Ben Foster) anak dari Harry yang tidak mempunyai masa depan jelas. Merasa berhutang budi pada Harry, ia mengangkat Steve menjadi partner sekaligus muridnya, menjadikannya seorang mentor bagi anak orang yang dibunuhnya.
Remake dari film tahun 1972 yang berjudul sama, The Mechanic membuka tahun 2011 dengan adegan aksi yang tidak tanggung-tanggung dan penuh dengan darah. 90 menit kita disajikan sebuah suguhan penuh adegan adu tinju yang seru dan asik, trik-trik menyelundup yang menegangkan dan misi-misi berbahaya yang tidak kalah seru. Meskipun begitu, tidak ada hal yang benar-benar baru yang disuguhkan oleh film ini. Semua mengalir lancar tanpa plot-hole yang berarti, namun begitu lancarnya sampai audience tidak akan mengingat film ini selama itu karena dijamin film ini juga akan lancar meluncur melalu ingatan kita. Tidak ada segi originalitas yang layak diacungi jempol. Meskipun tidak original, apa yang disajikan juga bukanlah barang buruk sehingga menghina film ini jelas sekali salah.
Jason Statham berada di comfort zonenya dengan memainkan karakter yang tidak bisa dibilang berbeda dengan yang ada di the transporter/expandables/crank/death race. Kesan "tough guy" yang ia miliki sudah terpatenkan dengan amat sangat paten. Meskipun begitu, bosan lamanya melihat dia tampak begitu serius dan tidak pernah have fun sebagai pembunuh/penyelamat/pengendara/pencuri bayaran. Sekalinya ia tersenyum, itu bagaikan sebuah penemuan langka yang mengejutkan. Ben Foster bermain cukup baik dengan membuktikan bahwa ia sanggup bersanding bahkan melampaui Jason Statham. Sisa dari castnya bermain cukup baik melihat batasan peran yang mereka dapat. Adegan aksi yang disuguhkan dieksekusi dengan apik, seru dan menegangkan, namun tidak ada nilai "special" yang dimiliki film ini untuk membuat film ini bisa diingat dua/tiga tahun ke depan. What it does, it does very well though not inspiring nor original.

Verdict : 7/10

No comments:

Post a Comment