Saturday, February 19, 2011

Oscar Watch List : Inception

- Twist, Fist, and Heist -
SPOILER ALERT! Inception adalah salah satu film blockbuster langka yang berhasil sukses secara komersial namun juga 'intriguing' secara kualitas cerita dan eksekusi. Inception berhasil mengumpulkan lebih dari 800 juta US$ di seluruh dunia, melampaui budget utamanya yang berkisar antara 200 juta US$. Hampir semua kritikus setuju, bahwa film ini membuktikan kualitas Christopher Nolan sebagai penulis naskah, sekaligus director film yang berkualitas yang mampu merangkai film yang layak disantap publik tanpa mengolok-ngolok kemampuan intelejen mereka. Menonton film ini, persiapkanlah diri anda untuk memutar otak secepat mungkin karena meskipun durasinya melebihi dua jam, alur film ini lumayan cepat dengan twist yang kerap berdatangan. Bersama dengan 7 nominasi lainnya, Inception adalah satu dari sepuluh kontender Best Picture Oscar yang akan diumumkan pada tanggal 27 Februari nanti.
Domm Cobb (Leonardo DiCaprio) adalah seorang pencuri ulung. Ia mencuri berbagai macam informasi rahasia dan berbahaya dengan cara memasuki mimpi bawah sadar targetnya. Bersama rekan setianya, Arthtur (Joseph Gordon-Levitt) ia diburu oleh berbagai macam pihak akibat pekerjaannya yang riskan itu. Hal itu pula yang membuatnya harus kehilangan kesempatan untuk bertemu kedua anaknya, Thomas dan Philippa. Suatu hari, dengan janji akan memberikannya kesempatan bebas untuk bertemu dengan kedua anaknya, Mr. Saito (Ken Watanabe) menginginkan Cobb melakukan misi yang berlawanan dengan pekerjaannya. Bukannya mengambil, ia ingin Cobb menanamkan sebuah ide dalam lawan bisnisnya, Robert Fischer (Cillian Murphy). Ia pun mulai membangun timnya. Ariadne (Ellen Page) berperan sebagai si arsitek yang membangun dunia mimpi yang akan mereka tuju. Eames (Tom Hardy) menggunakan keahliannya untuk meniru penampilan orang lain untuk memanipulasi dan menipu target dan Yusuf (Dileep Rao), seorang chemist yang memberikan supportnya dengan memberikan cairan sedatif yang berguna agar mereka bisa menjelajahi dunia mimpi semakin dalam. Misi yang tidak simpel ini semakin dipersulit tatkala kesehatan pikiran Cobb dipertanyakan akibat gangguan mental yang mempengaruhi pekerjaannya. Sering kali, bayangan sang mantan istri Mal (Marrion Cottilard) menghantui mimpi sekaligus pekerjaannya, menghalang-halanginya dan membuat misinya semakin sulit.
Inception menjadi salah satu film bergenre action yang berhasil mendapatkan nominasi untuk oscar. Meskipun ada bumbu-bumbu thriller dan science fiction disan-sini, film ini adalah film blockbuster at heart yang sukses diluluskan para juri untuk mendapatkan nominasi best picture. Seperti yang sudah saya bahas di review sebelumnya yang juga cukup lengkap dan komprehensif http://lenouvellededave.blogspot.com/2010/07/inception.html , Inception adalah sebuah film yang seru dan lengkap. Film yang dazzling dan menakjubkan dalam scenery dan image-image yang memanjakan mata, sekaligus memicu para penonton untuk memfokuskan perhatian penuhnya pada layar di sepanjang film. Endingnya yang bitterweet dan shocking, dimana pada akhirnya Domm masih terperangkap di mimpinya, memberikan open ending yang cukup menggantung terutama pada nasib rekan-rekanya. Bukan mustahil sebuah sekuel bisa datang, meskipun agak diragukan jika tidak dianggap benar-benar perlu oleh Nolan. Tidak ada bagian yang tidak penting, tidak signifikan atau dapat dilewatkan begitu saja. Semua detik film ini dipergunakan dengan efisien dan efektif. Sebuah masterpiece yang sayang untuk dilewatkan. Lengkap dalam segi naskah, unggul dalam editing, mantap dalam segi efek dan apik dalam segi akting, Inception adalah salah satu unggulan lain selain The Social Network dan The King's Speech untuk memenangi oscar tahun ini. Meskipun cukup disangsikan, everything can happen in Oscar night :D.

Verdict : 9.3 / 10

No comments:

Post a Comment