Tuesday, March 15, 2011

Movie : Morning Glory (2010)

- It's The Story People! -
Becky Fueller (Rachel McAdams) adalah seorang produser verita pagi di New Jersey yang melakukan pekerjaannya dengan penuh determinasi dan dedikasi. Namun karena budget cut yang diadakan channelnya, ia terpaksa harus dipecat. Di usianya yang mendekati 30 tahun, mencari pekerjaan bukanlah hal mudah. Tawaran terakhirpun ia ambil sebagai executive producer di acara berita pagi Daybreak. Acara itu menduduki posisi bontot acara pagi di new york dan sudah sekarat. Setelah memecat anchor laki-lakinya, ia pun merekrut anchor legendaris untuk berita malam Mike Pomeroy (Harrison Ford) untuk mendampingi Coleen Peck (Diane Keaton). Dengan ancaman dicancelnya acara tersebut dalam 6 minggu, perseteruan di antara mereka semakin memanas, diikuti dengan kehidupan pribadi Becky dengan Adam (Patrick Wilson) yang juga merenggang.
Morning Glory disutradarai oleh Roger Michell yang telah menyutradarai Noting Hill dan ditulis oleh Aline Brosh McKeena yang menulis script The Devil Wears Prada. Yang dihasilkan oleh pertemuan itu adalah sebuah film komedi yang lucu, heartwarming, dan engaging karena permainan dari para castnya yang luar biasa dan menyenangkan. Plot mengenai pekerjaan di dunia pertelivisian adalah sebuah plot seru yang sayangnya jarang digali. Meskipun tidak terlalu dalam di sisi dunia erja, etika pekerjaan, dan hal-hal berbau teknis lainnya, film ini unggul dalam memberikan sebuah kisah yang dijamin menarik hati penonton untuk mengikuti sampai akhir.
Perjuangan Beckie menyelamatkan acaranya menjadi sangat seru tatkala Beckie dimainkan dengan sempurna oleh Rachel McAdams. Ia bersinar disini, menjadi bintang utama yang membawa film ini sepenuhnya di pundaknya. Karakter Beckie yang determinasinya tinggi dan ambisinya tak pernah padam dimainkan dengan sukses sehingga mengajak penonton untuk menyukainya. Harrison Ford juga tidak kalah engaging dengan karakternya yang sinis, tapi pada akhirnya takluk pada ke-likeable-an Beckie. Diane Keaton bermain sempurna sebagai news anchor acara pagi dan cukup aneh melihat ia tidak pernah mendapatkan talkshownya sendiri. Meskipun sedikit underused, ia menjadi bumbu penyedap yang sangat manis bagi film ini. Patrick Wilson mendapatkan tipikal peran yang dapat dipastikan underused, tidak dikupas mendalam dan selingan semata. Itu dapat dimaklumi, dan syukurnya, film ini tidak merambah terlalu dalam di genre romanticnya karena di sisi komedinyalah film ini bersinar.
Morning Glory tidak memberikan gebraan berarti di dalam genre komedi begitu pula di genre newscasting. Meskipun insight yang diberikan tidak terlalu dalam, film ini beruntung karena memiliki salah satu casting terkuat sepanjang tahun 2010 kemarin karena karakterisasi yang pas dari setiap pemainnya dan supporting cast yang menjalankan perannya dengan baik. Pengambilan gambar, meskipun tidak ada yang spesial, turut berperan serta dalam mengajak penonton terbawa dalam suasana perjuangan Beckie. Soundtracknya juga efektif membawa mood penonton seperti selayaknya yang harus dilakukan oleh sebuah sit-com seperti ini. Aline Brosch McKeena kembali menyajikan cerita mengenai determinasi wanita di kantor tempat ia bekerja, namun kali ini permainan akting dari tokoh utamanya jauh lebih kuat dan likeable. Sebuah film komedi yang menitik beratkan pada karakter dan bukan pada gimmick bodoh yang lain, film yang manis untuk menjadi hiburan di kala kepala sedang penat.

Verdict : 8.2/10

No comments:

Post a Comment