Friday, December 10, 2010

Raising Hope

- Raising Absurdity -
James "Jimmy" Chance adalah seorang pria berusia 23 tahun yang bekerja bersama ayahnya, membersihkan ladang rumah orang-orang kaya. Ibunya bekerja membersihkan rumah dan ayahnya bekerja membersihkan kolam. Bersama maw maw (neneknya) mereka tinggal dengan kondisi cukup dan mampu bertahan dengan segala keabsurd-an satu sama lain. Suatu hari Jimmy bertemu dengan Lucy, seorang wanita yang meminta tolong dibawa kabur dari seorang laki-laki yang mengejarnya. Lucy yang tidak bisa ditebak tertarik pada Jimmy dan bisa ditebak, mereka berhubungan *piiiip* di dalam mobil Jimmy. Selidik punya selidik, Lucy adalah wanita temperamen yang telah membunuh beberapa orang. Karena hubungan *piiip* mereka yang tidak menggunakan "pengaman", Lucy hamil dan sebelum dihukum di kursi listrik, memberikan anaknya untuk dirawat oleh Jimmy.
Seri baru ini awalnya cukup diragukan oleh khalayak banyak, namun meskipun awalnya sedikit "shaky", serial ini menjadi semakin lucu ke belakangnya, terutama setelah kita melihat bahwa karakternya lebih dari karikatur orang absurd tetapi menjadi orang absurd yang terjebak dalam situasi yang tidak kalah absurd. Rating yang lumayan kuat membuktikan betapa lucunya serial ini. Ceritanya memang biasa saja. Seorang ayah yang tidak siap, seorang bayi yang tidak diinginkan, kakek-nenek yang kawin muda dan kampungan, dan nenek buyut yang pikun akut. Namun pembawaan karakternya amat sangat menggelitik, saya tidak bisa berhenti tertawa melihat aksi-aksi maw-maw dan debat antara Jimmy dan ibunya Virginia.
Lucas Neff adalah pendatang baru yang mendapatkan big breaknya sebagai tokoh utama di serial ini. Ia memainkan Jimmy dengan kenaifan yang membuat kita simpatik dan kepolosan yang membuat kita terpingkal-pingkal. Martha Plimpton bermain sebagai ibu dari Jimmy, Virginia, yang tidak kalah kocak. Sikapnya yang cuek acuh tak acuh, bahkan cenderung kasar dan urakan perlahan-lahan luntur dan kita bisa melihat sisi baik dari dirinya di sepanjang serial ini. Permainannya begitu nyata, rasa simpatik saya kerap terketuk, lalu diselingi tawaan keras tentunya. Namun yang paling menonjol adalah Cloris Leachman sebagai maw-maw. Komedian tua yang bermain sebagai nenek-nenek the grudge di scary movie 4 ini tampil paling kocak dan absurd dibandingkan cast-cast lainnya. Melihatnya sering lupa memakai baju, tampil telanjang di pengadilan, menjadi cat-woman di saat halloween, bermain zenga sambil mendengarkan lagu istanbul, demi apapun maw-maw adalah salah satu karakter terkocak yang pernah saya temui.
Serial komedi mengenai sebuah disfunctional family memang tidak pernah baru, dan tidak akan pernah berhenti dibuat. Namun meski begitu, bukan berarti semuanya sama dan generic begitu saja. Raising Hope berani beda dengan segala keabsurd-annya dan membuat serial ini berada di atas serial komedi ecek-ecek lainnya.

Verdict : 8/10

No comments:

Post a Comment