Monday, January 31, 2011

Oscar Watch List : Black Swan

- Let the Swan Dance Beautifully, Mister -
SPOILER ALERT! Black Swan adalah salah satu film "breakout" yang cukup sukses di tahun 2010 yang penuh dengan kekecewaan box office. Tanpa diduga banyak orang, permainan apik Natalie Portman mampu mengangkat nama film ini menjadikannya sebuah kesuksesan secara finansial yang jarang didapatkan film bergenre sama. Film yang tidak takut menampilkan berbagai adegan erotis ini juga mendapatkan sambutan meriah dari para kritikus dan publik akibat kualitas filmnya sendiri yang jauh diatas rata-rata. Sebuah psychological thriller yang dibalut dengan indahnya gerakan tarian balet yang gemulai dan menawan. Black Swan adalah satu dari sepuluh kontender Best Picture Oscar yang akan diumumkan pada tanggal 27 Februari nanti.
Black Swan berkisah tentang kehidupan Nina Sayers, seorang penari balet yang sedari kecil sudah dipersiapkan ibunya untuk menjadi balerina sejati. Sang ibu yang berhenti menari karena hamil akan dirinya, menjadi sangat protektif da obsesif terhadap Nina yang tidak pernah ia biarkan lepas. Hal ini membentuk kepribadian Nina menjadi seorang perempuan yang perfeksionis,namun naif dan innocent. Thomas, salah satu orang paling berpengaruh di companynya mengumumkan rencananya mengadakan produksi "Swan Lake" yang lain dari pada yang lain dimana si Swan Queen harus memerankan "The White Swan" dan "The Black Swan" secara bersamaan. Ia memilih Nina untuk menggantikan Beth, Swan Queen sebelumnya yang sudah harus pensiun. Nina yang pure dan naif mampu memainkan karakter White Swan dengan baik, namun mampukah ia memainkan Black Swan yang seduktif, seksi, dan berbahaya?
Kisah perubahan dalam diri Nina akibat obsesinya memainkan Black Swan dengan baik dipadukan dengan berbagai aspek psikologis dalam diri Nina yang destruktif. Sedikit membingungkan memang membayangkan bisa tumbuhnya sayap dari luka garukan di punggungya, namun itu semua tidak lebih dari sebuah imajinasi Nina yang "twisted" dan "distrubing". Banyak sekali adegan yang mengejutkan dan menganggu sepanjang film ini yang semakin intense dengan mulai hilangnya kesadaran Nina akan apa yang benar dan apa yang salah. Satu yang sedikit disayangkan adalah sedikitnya penjelasan mengenai keadaan psikologis tersebut kecuali karena sifat ibunya yang posesif dan mengekang. Permainan apik dari Natalie Portman tidak sia-sia, terutama melihat dedikasinya berlatih balet selama berbulan-bulan. Perubahan sifatnya dari si gadis naif menjadi gadis yang cemburu, seksual dan destruktif dibuat sangat meyakinkan dan gripping. Begitu pula Mila Kunis yang tampil seksi dan seductive dan Vincent Cassel yang arogan dan ber-ego tinggi. Film ini semakin unggul lagi akibat tingginya nilai teknis yang diberikan. Pengambilan gambar yang indah, alunan musik klasik yang menarik penonton dan produksi balet yang profesional dan mencengangkan. Meskipun begitu, film ini, menurut saya, tidak cukup kuat untuk memenangkan oscar terutama akibat twistnya yang sedikit "let-down" dan tidak seintense build-upnya.

Verdict : 8.9 / 10

No comments:

Post a Comment