Friday, February 4, 2011

Oscar Watch List : True Grit

- Revenge in Wild West Style -
SPOILER ALERT! True Grit menjadi sebuah kesuksesan yang amat sangat di luar dugaan. Film western biasanya kesulitan mencapai kesuksesan secara finansial, terlebih lagi di bulan desember yang notabene dipenuhi film-film keluarga yang meriah, berwarna-warni dan family friendly. Diangkat dari novel berjudul sama yang dirilis pada tahun 1968, True Grit berhasil mematahkan semua keraguan dengan berhasil mengumpulkan lebih dari 150 juta US$ dan mengalahkan Little Fockers yang dibuka pada minggu yang sama. Film terakhir dari Coen Brothers yang juga diproduseri oleh Steven Spielberg ini berhasil menjadi sebuah surprise hit di penghujung tahun 2010 yang mengalami berbagai kekecewaan finansial. Dari segi kualitas film ini juga berhasil memperoleh 10 nominasi oscar termasuk Best Actor untuk Jeff Bridges dan Best Supporting Actress untuk Hailee Steinfeld. Bersama dengan 9 nominasi lainnya, The Fighter adalah satu dari sepuluh kontender Best Picture Oscar yang akan diumumkan pada tanggal 27 Februari nanti
Mattie Ross (Hailee Steinfeld) berusia 14 tahun saat ayahnya ditembak rekanannya sendiri Tom Chaney (Josh Broslin) yang juga mencuri kudanya dan dua keping emas California milik sang ayah. Saat dalam perjalanan mengambil jasad ayahanda, Mattie pun berjanji untuk membunuh Tom Chaney untuk membalaskan kematian ayahnya. Untuk misi balas dendam tersebut iapun menyewa Rooster Cogburn (Jeff Bridges) untuk membantunya. Seorang Deputy U.S. Marshall, Cogburn pada awalnya menolak tawaran Mattie pada akhirnya mau membantunya. Mereka juga dibantu oleh LaBoeuf (Matt Damon) seorang Texas Ranger yang juga ingin memburu Tom Chaney karena ingin mengumpulkan uang bayaran jika berhasil menangkapnya. Meskipun bertolak belakang dengan keinginan Mattie yang ingin membunuhnya saat itu juga, Mattie akhirnya bersedia menerima bantuannya terlebih karena Tom Chaney yang dibantu oleh 4 orang kriminal lainnya merupakan lawan yang jauh lebih kuat bagi mereka berdua.
Sebuah film western, konon katanya, hanya akan dapat dinikmati sepenuhnya oleh orang Amerika. Budaya koboi, kuda, indian, pistol dan saloon bar terasa amat sangat asing bagi publik di luar negeri paman sam. Teori itu terbukti melalui film True Grit. Cerita dari film ini sendiri berjalan linear dan tidak diganggu oleh sub-plot atau plot twist yang merusak alur filmnya sendiri. Namun entah kenapa, tidak ada kesan thrilling yang didapat dari menonton film yang katanya bergenre thriller ini. Terlebih lagi alunan musiknya yang lebih cocok di sebuah film dramedy religi dan tidak ada kesan adventure sama sekali. Maafkan saya jika salah, meskipun begitu ini adalah film western pertama yang benar-benar saya tonton habis, tapi kok saya merasa underwhelmed banget ya? Meskipun begitu, tidak dapat dipungkiri kualitas produksi dari film ini amat sangat patut diacungi jempol. Suasana western yang diberikan amat sangat meyakinkan karena set yang dibangun amat sangat efektif dalam membantu lajunya cerita itu sendiri. Pengambilan gambarnya juga artistik dengan set latar belakang yang breath taking dan menarik perhatian. Permainan dari para pemainnya juga tidak dapat dilewatkan begitu saja. Hailee Stanfield yang mendapatkan nominasi best supporting actress, berakting sangat ciamik dan menawan. Ia memiliki presence tersendiri yang sangat kuat, bahkan Jeff Bridgespun kadang tertutupi oleh karismanya. Mattie yang memiliki determinasi kuat, tangguh dan mandiri dimainkan dengan penuh percaya diri dan kedalaman emosional yang tinggi. Cukup disayangkan ia tidak dinominasikan untuk Best Actress karena dialah bintang utama dari film ini. Ia mampu membawa film berdurasi hampir 2 jam ini tanpa kewalahan harus bersanding dengan berbagai aktor kawakan lainnya. Jeff Bridges sebagai Cogburn juga tidak mengecewakan. Selepas Crazy Heart, ia menjadi nama yang patut diperhitungkan dalam Hollywood terlebih lagi setelah kesuksesan finansial film ini dan Tron: Legacy. Matt Damon bermain cukup baik, meskipun tidak sebagus kedua nama diatas. Josh Broslin tampil singkat dan hanya terkesan menyumbangkan nama yang cukup dikenal publik untuk mempopulerkan film ini. All in all, film ini bukanlah sebuah film yang buruk. Meski begitu, sebuah nominasi untuk Best Picture terkesan berlebihan dan patut dipertanyakan apalagi melihat kenyataan bahwa film ini bahkan tidak memperoleh satu nominasipun di ajang Golden Globe kemarin. Is it me who just can't get a western movie or the academy is overpraising this golden child of theirs?

Verdict : 8.0/10

No comments:

Post a Comment